pendidikan

Selasa, 04 Mei 2010

brosur smk

SMK NEGERI 1 TELUKDALAM









Gedung baru SMK Negeri 1 Telukdalam bantuan Jerman
Yang siap dipakai pada Tahun Pelajaran 2008 / 2009






















Keterangan foto :
a. Jurusan UJP sedang mengadakan perjalanan wisata
b. Jurusan Tata Boga sedang mengadakan praktek
c. Jurusan Tata Busana sedang mengadakan praktek
d. Jurusan Komputer sedang praktek di Laboratorium.

I. PENDAHULUAN
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah lembaga pendidikan yang bertanggungjawab dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, dan mampu berkompetitif di era global sesuai bidang keahliannya.
Dalam mewujudkan daya saing yang tinggi, siswa SMK Negeri 1 Telukdalam dibekali dengan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dengan sistem pendidikan dan latihan yang mantap dengan disesuaikan pada kurikulum saat ini. SMK Negeri 1 Telukdalam lebih memfokuskan siswa pada praktik daripada teori sehingga mereka mudah menguasai keahlian yang diajarkan dan dapat dipraktikkan di dunia kerja dengan kemampuan dan rasa percaya diri yang diperoleh selama masa pendidikan.
SMK Negeri 1 Telukdalam merupakan lembaga pendidikan yang berorientasi pada skill dan Job Oriented yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja. Sehingga lulusan SMK Negeri 1 Telukdalam dapat bekerja di perusahaan, industri dan instansi pemerintah.

II. VISI DAN MISI SMK NEGERI I TELUKDALAM
Visi : Menjadikan SMK Negeri 1 Telukdalam sebagai lembaga pendidikan dan latihan yang menghasilkan lulusan yang cerdas,unggul,terampil,dan mampu hidup mandiri serta siap bersaing dalam dunia usaha/industri yang dilandasi iman yang kuat dan berbudi pekerti yang luhur menuju Sekolah Berstandar Nasional tahun 2010.
Misi : 1. Menumbuhkembangkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut sebagai orang beriman.
2. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan secara intensif untuk menguasai ilmu dan teknologi dengan kegiatan praktek kerja yang mantap dan optimal.
3. Menanamkan dan menumbuhkan semangat budaya kerja untuk meningkatkan penguasaan berbagai keterampilan dengan disiplin tinggi.
4. Memberikan peluang besar kepada siswa untuk aktif dan kreatif menyalurkan minat dan bakat sebagai wahana pengembangan potensi yang dimiliki.
5. Menanamkan secara intensif rasa unggul dan bermutu kepada seluruh warga sekolah yang dilandasi etika dan sportivitas menuju terwujudnya Sekolah Berstandar Nasional dan atau Sekolah Berstandar Internasional.
6. Memupuk rasa cinta akan keberadaan seni dan budaya tradisional daerah sebagai aset budaya nasional melalui sanggar budaya.
7. Memupuk kerjasama antar personil sekolah dengan kinerja yang dilandasi disiplin tinggi dan bertanggungjawab sehingga berdayaguna,berdaya saing,memiliki rasa solidaritas dan semangat kekeluargaan.
8. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh stakeholders sekolah dalam satu Tim Work yang solid dan berkomitmen tinggi.

III. PROGRAM DAN BIDANG KEAHLIAN
Memahami perkembangan dunia usaha dan dunia industri serta yang diperlukan oleh duni, SMK Negeri I Telukdalam membuka jurusan / program keahlian antara lain :
1. Tata Boga - Restoran
2. Usaha Jasa Pariwisata (UJP)
3. Teknologi Komputer & Jaringan (TKJ)/Multimedia
4. Tata Busana
5. Manajemen Perkantoran

IV. SARANA DAN PRASARANA
Untuk mewujudkan siswa / siswi yang terampil, SMK Negeri I Telukdalam telah menyediakan sarana pendukung pendidikan yang canggih antara lain :
- Gedung yang terdiri dari 24 ruang teori dan praktik (bantuan Jerman)
- Laboratorium Komputer, INTERNET
- Ruang dan Fasilitas praktek Tata Boga dan Tata Busana
- Fasilitas olah raga yang memadai
- Ruang Travel Mini bagi UJP

V. SYARAT PENDAFTARAN :
A. Syarat Umum :
1. Siswa yang dapat diterima di SMK Negeri I Telukdalam adalah yang dinyatakan lulus/tamat dan memiliki Ijazah SMP atau sederajat.
2. Berusia 15 – 21 tahun pada tanggal 1 Juli 2007.
B. Syarat Administrasi :
1. Menyerahkan fotokopi Ijazah SMP yang telah dilegalisir sebanyak 2 lbr : 3 Lembar
2. Menyerahkan fotokopi SKHUN SMP yang telah dilegalisir sebanyak 2 lbr : 3 Lembar
3. Menyerahkan pasphoto hitam putih : - 3 x 4 cm : 4 lembar
- 2 x 3 cm : 2 lembar
C. Tempat dan Waktu Pendaftaran
1. Sekretariat Pendaftaran : Kantor SMK Negeri 1 Telukdalam(Kompleks SMP Negeri 1 Telukdalam)
2. Tanggal Pendaftaran : 1 - 8 Juli 2008.
3. Pukul : 08.00 – 14.00 WIB setiap hari kerja : 4 lembar
VII. GURU PEMBIMBING/TENAGA PENGAJAR
Untuk mewujudkan siswa menjadi tenaga terampil dan handal, SMK Negeri 1 I Telukdalam telah mempersiapkan tenaga profesional dan berpengalaman di bidangnya serta telah mengikuti diklat baik dalam negeri maupun ke luar negeri (Jerman dan Malaysia) sebagaimana yang tertera dibawah ini :

No N a m a Pend. Terakhir Jurusan
1 Philianus Telaumbanua, S.Pd S-I Pend. Dunia Usaha
2 Tafamaha Wau, S.Pd S-I BP / BK
3 Duduki Sarumaha, S.Pd S-I Bahasa Inggris
4 Sederhana Laia, S.Pd S-I Bahasa Inggris
5 Agustina Tafonao, S.Pd S-I Tata Boga
6 Ester Halawa, S.Pd S-I Tata Boga
7 Tiur Sondang. Marpaung, S.Pd S-I Tata Boga
8 Marlian Duha, S.Th S-I Pend. Agama Kristen
9 Julina Ndruru, S.Pd S-I Bahasa Indonesia
10 Agustinus Telaumbanua, S.Pd. S-1 Bahasa Inggris
11 Yennimar Sarumaha,S.Pd. S-1 PKN
12 Butirnilam Wau, A.Md D-III Bahasa Indonesia
13 Arianto Simon Fau, A.Md D-III Bahasa Inggris
14 Srideli Dakhi, S.S S-I Sastra Indonesia
15 Hasanuai Laia, A.Md. D-III Pariwisata
16 Petrus Zagoto, A.Md D-III Pariwisata
17 Trisman Harefa, A.Md. D-III Pariwisata
18 Harinatal Duha, A.Ma.Pd D-II Pariwisata
19 Situasi Bawaulu, S.Pd. S-1 Pariwisata
20 Leni Kristina Telaumbanua, A.Md. D-III Pariwisata
21 Antoni Emanuel Sarumaha, S.Kom. S-1 Komputer
22 Asahuku Laia, S.Kom S-I Komputer
23 Hidayat Harefa, A.Md. D-III Komputer
24 Kristian Laia, A.Md. D-III Komputer
25 Alex Sarumaha, S.Kom. S-1 Komputer
26 Analisa Zendrato, A.Md. D-III Komputer
27 Tujuh Darma Duha, A.Md. D-III Komputer
28 Ohezatulo Bu’ulolo, S.Th S-I Pend. Agama Kristen
29 Marietta Marlina Telaumbanua, S.Pd. S-1 Tata Busana
30 Sesilia Fau, A.Md. D-III Tata Busana
31 Simulia Bate’e, A.Md D-III Tata Busana
32 Kristina Loi, S.Pd. S-1 Matematika
33 Tanggapan Sarumaha,S.Pd. S-1 Matematika
34 Ugamoi Hondro, A.Md. D-III Matematika
35 Muliati Sarumaha, A.Md. D-III Manajemen
36 Yenima Wau, A.Md. D-III Manajemen
37 Sitawi Harita, A.Md. D-III Manajemen Perkantoran
38 Kristina Laowo, SE. S-1 Ekonomi
39 Intan Riang Nehe, S.Th, S-1 Pend.Agama Kristen
40 Nisra Diyanti Bu’ulolo, SE. S-1 Ekonomi
41 Yakini Bu’ulolo, A.Md. D-III Ekonomi
42 Seriusma Laia, A.Md. D-III Tata Boga

SEKILAS INFO SMK NEGERI 1 TELUKDALAM
1. Jerman Sebagai Pembina SMK Negeri 1 Telukdalam
Rencana pengembangan SMK Negeri 1 Telukdalam oleh Negara Jerman, tidak seperti NGO lainnya yang beroperasi di NAD dan Nias Selatan. Selain membangun Gedung mewah lengkap peralatan belajar dan mobiler, Jerman juga membangun tenaga edukatif dan administrasi. Guru-guru dan pegawai telah dikirim untuk mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) baik dalam negeri (Banda Aceh, Medan, Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, dan Bali) dan luar negeri (Jerman dan Malaysia) untuk memperdalam ilmu dan memperluas wawasan di bidang pendidikan, bahkan sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Semua biaya ditanggung oleh negara Jerman, dan menurut rencana teknisi masing-masing jurusan (Program Keahlian) akan mengikuti diklat supaya semua mesin dan peralatan praktek bantuan Jerman dapat dirawat dan dipelihara dengan baik.

2. SMK Negeri 1 Telukdalam Sebagai Institusi Pelatihan
Setelah gedung baru difungsikan serta peralatan dan fasilitas lainnya telah lengkap tertata di sekolah, maka mulai tahun pelajaran 2008/2009 proses belajar mengajar SMK Negeri 1 Telukdalam akan dilaksanakan di gedung baru yang merupakan gedung SMK termewah dan terlengkap di Kabupaten Nias Selatan. Selanjutnya, dengan peralatan yang lengkap dan modern ini, maka SMK Negeri 1 Telukdalam akan berfungsi sebagai intitusi pelatihan/kursus. Artinya, SMK Negeri 1 Telukdalam dapat membuka pelatihan atau kursus jangka pendek (1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan). Peserta pelatihan dan kursus ini diperbolehkan dari masyarakat usia sekolah yang mengganggur dan ingin memperoleh keterampilan. Hal ini telah dicoba di SMK Negeri 1 Telukdalam pada bulan Mei – Juli 2007, yaitu program ILO untuk melatih 20 orang siswa putus sekolah tingkat SMP di bidang akomodasi perhotelan, dan SMK Negeri 1 Telukdalam telah suses melaksanakan program tersebut.


3. SMK Negeri 1 Telukdalam Sebagai Pilot Project
Sejak dari awal, konsep pengembangan SMK Negeri 1 Telukdalam oleh Jerman akan dijadikan sebagai Sekolah Model atau Sekolah Berstandar Nasional dan paling lambat tahun 2012 menjadi Sekolah Berstandar Internasional. Visi ini sangat ditentukan keberhasilannya oleh kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Nias Selatan untuk menyediakan dana operasional sekolah dan penambahan tenaga guru PNS dan pegawai PNS serta dukungan dan kepercayaan seluruh lapisan masyarakat Nias Selatan termasuk orangtua siswa kepada SMK Negeri 1 Telukdalam. Pemerintah Jerman tidak menyediakan dana operasional sekolah, hanya bantuan pembangunan gedung baru dengan sarana prasarananya yang lengkap dan biaya diklat guru/pegawai baik dalam negeri maupun ke luar negeri.

4. SMK Negeri 1 Telukdalam Menerapkan System Dual Secara Bertahap
Apabila kondisi dan perkembangan Dunia Usaha (DU) dan Dunia Industri (DI) di Kabupaten Nias Selatan mengalami kemajuan, maka siswa dapat melaksanakan magang (kerja praktek) 4 hari ke DU/DI dan 2 hari belajar di sekolah. Hasil studi banding Kepala SMK Negeri 1 Telukdalam beserta Guru-guru dan pegawai ke Jerman dan Malaysia, maka sistem dual ini sangat efektif untuk keberhasilan siswa SMK untuk menguasai program keahliannya.

5. Siswa SMK Negeri 1 Telukdalam Dapat Menghasilkan Uang
Dengan sistem pendidikan dan latihan yang praktis diterapkan, maka siswa sambil belajar dapat menambah penghasilan (uang), khususnya Jurusan Tata Boga-Restoran dan Tata Busana bahkan Jurusan TKJ (Komputer) direncanakan membuka warung internet (warnet). Khusus Jurusan Tata Boga, diberi kepercayaan mengelola Kafe-Restoran di lingkungan SMK Negeri 1 Telukdalam, yang menyediakan makanan bahkan membuka katering untuk menerima pesanan baik di sekolah maupun dari luar (masyarakat,kantor,dll). Tugas untuk mengelola usaha sekolah ini akan dikoordinir oleh Unit Produksi Sekolah yang telah diberi tanggungjawab oleh Kepala Sekolah.

6. Pembinaan Minat dan Bakat Siswa
Melalui kegiatan OSIS dan kegiatan ekstrakurikuler potensi yang dimiliki oleh siswa akan dibina dan dikembangkan. Setiap akhir semester selalu diadakan kegiatan class meeting sebagai tahap awal mengenal minat dan bakat siswa. Berbagai kelompok minat dan bakat akan dibentuk termasuk sanggar budaya dan karate. Kelompok siswa unggulan akan diterapkan, sehingga bagi siswa yang memiliki prestasi belajar dan olah raga akan mendapat fasilitas khusus di sekolah.

7. Pembentukan Ikatan Alumni
Untuk tidak putusnya tali persaudaraan yang terbina selama 3 tahun di SMK Negeri 1 Telukdalam, maka siswa akan membentuk ikatan alumni sebagai wadah/forum komunikasi antar siswa yang telah menyelesaikan masa belajarnya di SMK Negeri 1 Telukdalam.
Salah satu program ikatan alumni ini adalah merencanakan reuni pada jangka tertentu, misalnya sekali 3 atau 5 tahun mengadakan pertemuan di SMK Negeri 1 Telukdalam.

8. Kelulusan UN

Strategi dan cara pembinaan siswa kelas III untuk menghadapi Ujian Nasional setiap tahun menjadi prioritas utama dan terpenting. Langkah-langkah persiapan yang intensif dilakukan minimal 6 bulan sebelum UN dilaksanakan. Dengan cara ini maka pada tahun pelajaran 2006/2007 dan 2007/2008 kelulusan di SMK Negeri 1 Telukdalam 100 %.

9. Seleksi Siswa Baru

Untuk mendapatkan siswa-siswa yang terbaik dan memiliki minat melanjutkan belajar di SMK dan tidak salah memilih jurusan, maka pihak Manajemen Sekolah mengadakan seleksi siswa baru. Hal ini ditempuh karena ada banyak keluhan Guru-guru SMK Negeri 1 Telukdalam terhadap profil siswa yang telah tamat maupun yang masih belajar saat ini. Apalagi SMK Negeri 1 Telukdalam dipersiapkan menuju Sekolah Berstandar Nasional bahkan pada tahun 2012 direncanakan menjadi Sekolah Berstandar Internasional.

10. Sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Hasil dan manfaat Diklat baik dalam negeri maupun luar negeri yang telah diikuti oleh Kepala Sekolah dan Guru/Pegawai SMK Negeri 1 Telukdalam secara bertahap diterapkan dan dilaksanakan mulai di tingkat siswa sampai di tingkat Manajemen Sekolah. Pemberian otonomi sekolah melalui sistem MBS akan membuka babak baru dalam mengelola pendidikan, sehingga masing-masing sekolah lebih mengenal dan memahami betul potensi sekolahnya tanpa didikte dari luar. Sistem MBS ini telah dan akan terus diterapkan di SMK Negeri 1 Telukdalam mulai dari tahap sosialisasi, penyamaan persepsi, keterpaduan dalam bertindak dan pelaksanaan pada berbagai level di sekolah segera menjadi kenyataan. Membangun sistem, tatanan, dan budaya sekolah serta SDM tenaga kependidikan adalah faktor penentu keberhasilan MBS.

11. Perubahan Pola Berpikir

Hal yang substansial dalam memajukan kegiatan pendidikan di SMK Negeri 1 Telukdalam adalah cara memahami dan cara memandang dari berbagai dimensi masalah pendidikan saat ini. Seiring perkembangan ilmu dan teknologi yang pesat sekarang ini, dibutuhkan orang-orang yang pola berpikirnya telah mengikuti perkembangan zaman. Artinya, pola pikir masyarakat dan tenaga kependidikan sudah harus berubah sesuai dengan perubahan zaman. Membangun sumber daya manusia sebagai insan dan pelaku pembangunan, hanyalah dengan pendidikan yang berkualitas dan kualitas hanya dapat dicapai apabila pola berpikir telah berubah. SMK Negeri 1 Telukdalam siap menjadi pelopor dalam perubahan pola pikir dan menjadi lembaga pendidikan dan latihan yang dapat dibanggakan di Kabupaten Nias Selatan.



PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA / RESTORAN








SMK NEGERI 1 TELUK DALAM























I. PENDAHULUAN
Dalam mewujudkan daya saing yang tinggi siswa/siswi SMK Jurusan Tata Boga-Restoran akan dibekali dengan pengetahuan dan praktek sehingga mereka mampu bersaing di dunia usaha dan dunia industri.
II. VISI DAN MISI JURUSAN TATA BOGA - RESTORAN
Visi : Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki life skill, produktif dan kreatif untuk siap pakai dalam dunia usaha dan dunia industri serta mampu mengolah potensi lingkungan sendiri
Misi : Menyiapkan tenaga terampil dalam bidang keahlian Tata Boga, agar dapat memenuhi standar kompetensi dan stander internasional.

III. PROGRAM KEAHLIAN YANG DIAJARKAN
Program keahlian yang diajarkan, antara lain :
1. Menyiapkan makanan pembuka(appetizer), makanan utama(main course),sup(soup), dan makanan penutup(dissert)
2. Menyiapkan Bakery and Pastry.
3. Menyiapkan dan menghidangkan minuman non alkohol.
4. Merencanakan dan mengontrol jasa boga berdasarkan menu.
5. Mengorganisir operasi makanan dalam jumlah besar
6. Dan lain-lain.

IV. ADA 2 MACAM TATA BOGA
Secara umum, Tata Boga terdiri dari :
1. Bakery dan Pastry
2. Restaurant.

V. KEUNGGULAN MEMILIH JURUSAN TATA BOGA
Keunggulan memilih Jurusan Tata Boga adalah :
1. Mampu bersaing dalam dunia usaha dan dunia industri.
2. Mampu membuka lapangan pekerjaan
3. Mampu mengolah dan memanfaatkan hasil daerah.

VI. LAPANGAN KERJA
Lulusan Tata Boga banyak peluang untuk mendapat pekerjaan seperti :
1. Jadi PNS
2. Bekerja di Restaurant (Hotel)
3. Berwiraswasta
4. Bekerja di rumah sakit

VI. PELUANG MELANJTKAN STUDI
Lulusan Tata Boga dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi, seperti : Jurusan Bahasa Inggris, Akper, Akademi Guzu, Pariwisata, Perhotelan, Tata Boga, dan lain-lain.


AYO, DAFTARKAN SEGERA DIRI ANDA DI SMK NEGERI 1 TELUKDALAM, DENGAN MEMILIH JURUSAN :

“ TATA BOGA”

ANAK PINTAR PILIH JURUSAN TATA BOGA


VII.GURU PEMBIMBING/TENAGA PENGAJAR

Untuk mewujudkan siswa menjadi tenaga terampil dan handal, SMK Negeri 1 I Telukdalam telah mempersiapkan tenaga profesional dan berpengalaman di bidangnya serta telah mengikuti diklat baik dalam negeri maupun ke luar negeri (Jerman dan Malaysia) sebagaimana yang tertera dibawah ini :

No N a m a Pend. Terakhir Jurusan
1 Philianus Telaumbanua, S.Pd S-I Pend. Dunia Usaha
2 Tafamaha Wau, S.Pd S-I BP / BK
3 Duduki Sarumaha, S.Pd S-I Bahasa Inggris
4 Sederhana Laia, S.Pd S-I Bahasa Inggris
5 Agustina Tafonao, S.Pd S-I Tata Boga
6 Ester Halawa, S.Pd S-I Tata Boga
7 Tiur Sondang. Marpaung, S.Pd S-I Tata Boga
8 Marlian Duha, S.Th S-I Pend. Agama Kristen
9 Julina Ndruru, S.Pd S-I Bahasa Indonesia
10 Agustinus Telaumbanua, S.Pd. S-1 Bahasa Inggris
11 Yennimar Sarumaha,S.Pd. S-1 PKN
12 Butirnilam Wau, A.Md D-III Bahasa Indonesia
13 Arianto Simon Fau, A.Md D-III Bahasa Inggris
14 Srideli Dakhi, S.S S-I Sastra Indonesia
15 Hasanuai Laia, A.Md. D-III Pariwisata
16 Petrus Zagoto, A.Md D-III Pariwisata
17 Trisman Harefa, A.Md. D-III Pariwisata
18 Harinatal Duha, A.Ma.Pd D-II Pariwisata
19 Situasi Bawaulu, S.Pd. S-1 Pariwisata
20 Leni Kristina Telaumbanua, A.Md. D-III Pariwisata
21 Antoni Emanuel Sarumaha, S.Kom. S-1 Komputer
22 Asahuku Laia, S.Kom S-I Komputer
23 Hidayat Harefa, A.Md. D-III Komputer
24 Kristian Laia, A.Md. D-III Komputer
25 Alex Sarumaha, S.Kom. S-1 Komputer
26 Analisa Zendrato, A.Md. D-III Komputer
27 Tujuh Darma Duha, A.Md. D-III Komputer
28 Ohezatulo Bu’ulolo, S.Th S-I Pend. Agama Kristen
29 Marietta Marlina Telaumbanua, S.Pd. S-1 Tata Busana
30 Sesilia Fau, A.Md. D-III Tata Busana
31 Simulia Bate’e, A.Md D-III Tata Busana
32 Kristina Loi, S.Pd. S-1 Matematika
33 Tanggapan Sarumaha,S.Pd. S-1 Matematika
34 Ugamoi Hondro, A.Md. D-III Matematika
35 Muliati Sarumaha, A.Md. D-III Manajemen
36 Yenima Wau, A.Md. D-III Manajemen
37 Sitawi Harita, A.Md. D-III Manajemen Perkantoran
38 Kristina Laowo, SE. S-1 Ekonomi
39 Nisra Diyanti Bu’ulolo, SE. S-1 Ekonomi
40 Yakini Bu’ulolo, A.Md. D-III Ekonomi
41 Seriusma Laia, A.Md. D-III Tata Boga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar