pendidikan

Selasa, 04 Mei 2010

promosi SMK Negeri 1 Telukdalam

TUGAS KEWIRAUSAHAAN
PROMOSI JURUSAN TKJ
DI
S
U
S
U
N
Oleh:
Nama : 1. EKSAUDIN ZEBUA
2. ELVIKA DERNITA LAIA.
Kelas : XI-1 TKJ
Tahun ajaran : 2009/2010





SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TELUKDALAM

NIS : 400001 Akreditasi : Peringkat“A” (Sangat Baik) NSS : 401070201001
Alamat : Jln. Pendidikan No. 12 Kelurahan Pasar Telukdalam-Nias Selatan Sumatera Utara
Website : www.smkn1td.com E-mail : smk-negeri-1@yahoo.co.id NPSN : 10258245








BAB I
PEDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Dalam era globalisasi sekarang ini, dengan persaingan yang begitu mengancam, baik dibidang dunia usaha dan dunia industry, maka demikian pula dibidang pendidikan yang semakin menjadi perhatian banyak orang untuk memajukan dan mengembangkan pengetahuan para siswa-siswi pada kemajuan Informasi Pendidikan dan Teknologi sekarang ini. Maka pemerintah mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk bisa bersaing dalam persaingan Global.
Salah satu solusi yang dilakukan pemerintah untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia pada umumnya, dan Nias Selatan pada Khususnya, yaitu dengan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mana tujuan pemerintah dalam hal ini adalah untuk mempersiapkan siswa/siswi lulusan SMK menjadi tenaga Kerja yang Produktif, Siap Kerja, Cerdas, Kompetitif di Tingkat Nasional dan Internasional pada bidang keahlian yang di pelajarinya. sehingga dengan demikian para siswa/siswi yang lulus dari SMK tidak menjadi pengangguran, bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran.






BAB II
PROMOSI JURUSAN TKJ

A. TENTANG SMK NEGERI 1 TELUKDALAM
SMK Negeri 1 Telukdalam berada di Pusat kota Kab. Nias Selatan, yang beralamat di Jln Pendidikan No. 12, Kel. Pasar Telukdalam Kab. Nias Selatan.
Memiliki gedung yang mewah dua lantai, yang dibangun oleh pemerintah Jerman, dan berbagai fasilitas pendukung yang menunjang jalannya didikan dan latihan di sekolah ini. Mempunyai lokasi yang sangat unik dan sangat menarik karena telah dibuat taman-taman yang begitu indah, dan lukisan-lukisan yang sangat mendidik dan keindahan lainnya yang membuat para siswa merasa nyaman belajar sekolah ini. Selain itu dengan keunikan dan keunggulan sekolah ini, yang tidak sedikit orang tertarik, sekolah ini juga merupakan satu-satunya SMK di Nias Selatan yang Terakreditas “A” dan diakui oleh pemerintah. Di Sekolah ini juga ada 5 (lima) jurusan keahlian yang di sesuaikan dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri, yang bisa dipilih para calon siswa sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh siswa.
B. PROGRAM DAN BIDANG KEAHLIAN
Memahami perkembangan dunia usaha dan dunia industri serta yang diperlukan oleh DU/DI, SMK Negeri 1Telukdalam membuka jurusan / program keahlian antara lain :
1. Tata Boga - Restoran
2. Usaha Jasa Pariwisata (UJP)
3. Teknologi Komputer & Jaringan (TKJ)/Multimedia
4. Tata Busana
5. Manajemen Perkantoran

C. PENGENALAN JURUSAN TKJ
Jurusan Teknologi Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan Program bidang keahlian di SMK Negeri 1 Telukdalam, yang memperlajari tentang Komputer.
Jurusan TKJ ini juga didukung dengan berbagai fasilitas dan program cara didikan dan latihan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kemampuan para siswa.
Untuk mewujudkan siswa / siswi yang terampil, SMK Negeri I Telukdalam telah menyediakan sarana pendukung pendidikan yang canggih antara lain :
- Laboratorium bongkar pasang dan merakit Komputer;
- Laboratorium jaringan, Jaringan Lokal dan Jaringan berbasis Luas.
- Dan berbagai fasilitas lainnya yang berhubungan dengan Bidang keahlian ini seperti infokus dan lain sebagainya.
Program pembelajaran yang dilakukan di jurusan ini, yaitu :
- Program belajar teori
Program belajar teori berlangsung didalam ruangan kelas, berlangsung untuk menjelaskan pokok pembahasan untuk menjelaskan melalui audio dan visual dengan menggunakan infocus.
- Program belajar Praktek.
Berlajar Praktek merupakan lanjutan dari belajar Teori untuk mempraktekkannya atau membuktikan dan melakukannya secara langsung. Ini berlangsung di Laboratorium yang telah tersedia.










D. KEUNGGULAN MEMILIH JURUSAN TKJ
Lulusan TKJ, dijamin memiliki keterampilan dan keahlian setelah lulus karena selama duduk dibangku sekolah telah menerima Didikan dan Latiahn (Diklat) yang memadai sesuai dengan bidang keahliannya.
E. PELUANG LAPANGAN KERJA
Setelah tamat dari SMK dengan memilih jurusan TKJ, tidak akan pernah menjadi pengangguran, karena telah memiliki keterampilan (skill), lulusan TKJ juga bisa bekerja dikantor-kantor, perusahaan-perusahaan local maupun luar Negeri, dan juga bisa langsung membuka lapangan pekerjaan dan usaha sendiri dengan membuka Rental, Warnet, Installer dan Service Komputer.
F. SYARAT-SYARAT MASUK DI SMK NEGERI 1 TELUKDALAM
Syarat pendaftaran :
a. Syarat Umum :
1. Siswa yang dapat diterima di SMK Negeri I Telukdalam adalah yang dinyatakan lulus/tamat dan memiliki Ijazah SMP atau sederajat.
2. Berusia 15 – 21 tahun pada tanggal 1 Juli 2010
b. Syarat Administrasi :
1. Menyerahkan fotokopi Ijazah SMP yang telah dilegalisir sebanyak 2 lbr : 3 Lembar
2. Menyerahkan fotokopi SKHUN SMP yang telah dilegalisir sebanyak 2 lbr : 3 Lembar
3. Menyerahkan pasphoto hitam putih :3 x 4 cm :4 lembar; 2 x 3 cm : 2 lembar
c. Tempat dan Waktu Pendaftaran
1. Sekretariat Pendaftaran : Kantor Tata Usaha SMK Negeri 1 Telukdalam
2. Tanggal Pendaftaran : 1 - 8 Juli 2010
3. Pukul : 08.00 – 14.00 WIB setiap hari kerja
d. Syarat test
Calon siswa di SMK Negeri 1 Telukdalam, akan diuji secara tertulis dan Psikotest. Bagi yang lewat test tertulis dan Psikotest, akan mengikuti Masa Oryentasi Sekolah selama 3 (tiga) Hari yang di pandu oleh para Senior mereka, dan apabila dalam kurun waktu 3 hari tidak bisa mengikuti MOS maka siswa tersebut dinyatakan gagal dan tidak bisa melanjutkan pendidikan di SMK Negeri 1 Telukdalam.

Jadi………… tak mau jadi pengangguran…………….? Pilih Jurusan TKJ………
Di jamin masa depan anda akan cerah, dan anda menjadi orang yang Sukses….. dalam setiap hal…………






BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN

A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar