pendidikan

Minggu, 28 Maret 2010

contoh laporan Prakerin

LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDSUTRI (PRAKERIN)
KOMPETENSI KEAHLIAN
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ)
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KAB. NIAS SELATAN

































SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TELUKDALAM

NIS : 400001 Akreditasi : Peringak “A” (Sangat Baik) NSS : 401070201001
Alamat : Jln. Pendidikan No. 12 Kelurahan Pasar Telukdalam-Nias Selatan Sumatera Utara
Website : www.smkn1td.com E-mail : smk-negeri-1@yahoo.co.id NPSN : 10258245
HP. 081263169733 Telp. (0630)321130




LEMBARAN PENGESAHAN



LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN NIAS SELATAN

TANGGAL 1 Februari s/d 31 Maret 2010

Telah disahkan pada Tanggal : April 2010


DISETUJUI OLEH :

PEMBIMBING I (DU/DI) GURU PEMBIBING II



FANOLO ZENDRATO, A,Md AMPUNI DUHA, S.Pd
NIP.131860017


DISAHKAN OLEH :



Plt.KEPALA BAPPEDA KEPALA SMK NEGERI
Kab. NIAS SELATAN TELUKDALAM



Drs. ASA’ARO LAIA M.Pd Drs. NOFANOLO SARUMAHA
NIP.195811211984031003 NIP. 132222052








Kata pengantar

Dengan mengucap Puji dan Syukur Kepada Yesus Kristus, yang telah memberi Rahmat dan Karunianya sehingga saya dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
Penyusunan laporan prakerin ini, merupakan suatu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN) tahun Diklat 2010/2011. Dan laporan ini sebagai bukti bahwa saya (penulis) telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Nias Selatan selama 2 (dua) Bulan penuh mulai dari tanggal 1 februaru s/d 31 Maret 2010.
Dalam hal ini, saya sebagai penulis sangat menyadari bahwa dalam menyusun Laporan Praktek Kerja Industri ini, tidak dapat terselesaikan tanpa adanya bantuan dari Pihak Pembimbing Materi maupun teknis, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1. Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Telukdalam, selaku Penanggungjawab;
2. Bapak Ampuni Duha, SE, selaku Pembimbing dari sekolah
3. Bapak Fanolo Zendrato, A,MPd, selaku Pembimbing dari Instansi atau Industri;
4. Dan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan Laporan ini sehingga selesai dengan baik.
Saya sebagai penulis Laporan, berharap supaya Buku Laporan Praktek Kerja Indusri (PRAKERIN) Yang saya Tulis ini, dapat menjadi karya tulis yang bermanfaat kepada semua Pihak yang ingin memanfaatkan Buku Laporan yang saya Tulis ini. Terimakasih..

Telukdalam, 31 Maret 2010

Penulis

Eksaudin Zebua












DAFTAR ISI
A. LEMBARAN PENGESAHAN…………………………………………………………………….i
B. KATA PENGANTAR………………………………………………………………ii
C. DAFTAR ISI…………………………………………………………………..……iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 .Latarbelakang
1.2 .Tujuan Prakerin
1.3 . Waktu dan Tempat Prakerin
BAB II KEBERADAAN KANTOR
II.1.LetakGeografis Kantor
II.2.Struktur Organisasi Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
II.3. Fungsi Struktur Organisasi Kantor BAPPEDA
I. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
II. Sekretaris
III. Kepala Sub Bagian Umum
IV. Kepala Sub Bagian Kepegawaian
V. Kepala Bidang Penelitian dan Pegembangan
VI. Kepala Subbid Pemerintahan Kemasyarakatan dan Pembangunan
VII. Kepala Subbid Sumber Daya Alam dan Maritim
VIII. Kepala Bidang Sosial dan Budaya
IX. Kepala Subbid Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat
X. Kepala Subbid Mental Spiritual dan Budaya
XI. Kepala Bidang Sumber Daya dan Prasarana
XII. Kepala Subbid Pengairan dan Tata Ruang
XIII. Kepala Subbid Perhubungan
XIV. Kepala Bidang Perekonomian
XV. Kepala Subbid Pertanian dan Perikanan
XVI. Kepala Subbid Perindustrian Perdagangan dan Pendapatan

RUANG LINGKUP KEGIATAN PRAKERIN
Ruang Lingkup
BAB IV PENUTUP
IV.1. Kesimpulan
IV.2. Masalah yang di hadapi
IV.3. Saran


BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional, Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2004 yang dikenal dengan Kurikulum Berbasisi Kompetensi (KBK) dan telah disempurnakan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam kurikulum SMK tersebut, dinyatakan sebagai berikut : “penyelenggaraan Pendidikan dilaksanakan melalui dua Jalur yaitu pendidikan di sekolah dan pendidikan diluar sekolah.
Berdasarkan pertimbangan bahwa lulusan SMK harus memiliki kemampuan pegetahuan dasar kejuruan utamanya harus memiliki kompetensi untuk melaksanakan pekerjaan tertentu, dapat mengembangkam dirinya baik secara Vertikal maupun Horizontal, dan memiliki kecakapan untuk menjalani kehidupannya secara baik, maka substansi atau isi kurikulum SMK dipilih dan dikemas dengan pendekatan berbasisi Kompetensi (competency-based curriculum), pendekatan berbaisi luas dan mendasar (broad-based curriculum), dan pendekatan pengembangan kecakapan hidup life skills)
Dengan demikian, seorang siswa dikatakan mampu mengembangkan kecakapan/keterampilan hidupnya jika menguasai dengan sungguh-sungguh seluk-beluk keahliannya secara tuntas, mulai dari penguasaan aspek technical skill dan soft skill yang terkait, hingga aspek personal skill dan social skill yang diperlukan untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu perlu modus pembelajaran dalam bentuk unjuk kerja alami (natual) melalui pembelajaran prkatek kerja industry (Prakerin) yang juga dikenal dengan Pembelajaran Sistem Ganda (PSG), yang pada akhirnya pada diri siswa SMK tumbuh keyakinan bahwa keahlian yang dimilikinya cukup bermakna (Meaningfull) untuk dijadikan sebagai pilihan jalan hidup.

VISI DAN MISI SEKOLAH

Berdasarkan amanat kurikulum terurai diatas, maka SMK Negeri 1 Telukdalam telah merumuskan Visi dan Misi sekolah serta strategi mewujudkan melalui program, yang salah satu komponennya adalah penyelenggaraan PRAKERIN.

VISI : Menjadikan SMK Negeri 1 Telukdalam sebagai lembaga Pendidikan dan latihan yang menghasilkan lulusan yang cerdas,unggul,terampil,dan mampu hidup mandiri serta siap bersaing dalam dunia usaha/industri yang dilandasi iman yang kuat dan berbudi pekerti yang luhur menuju sekolah Berstandar Nasional tahun 2012.

MISI : 1. Menumbuhkembangkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut sebagai orang beriman
2. Melaksanakan Pendidikan dan pelatihan secara intensif untuk menguasai ilmu dan teknologi dengan kegiatan praktek kerja yang mantap dan optimal.
3. Menanamkan dan menumbuhkan semangat budaya kerja untuk meningkatkan penguasaan berbagai keterampilan dengan disiplin tinggi.
4. Memberikan peluang besar kepada siswa untuk aktif dan kreatif menyalurkan minat dan bakat sebagai wahana pengembangan potensi yang dimiliki.
5. Menanamkan secara intensif rasa unggul dan bermutu kepada seluruh warga sekolah yang di landasi etika dan sportivitas menuju terwujudnya sekolah Berstandar Nasional dan atau sekolah Berstandar Internasional.
6. Memupuk rasa cinta akan keberadaan seni dan budaya tradisional daerah sebagai asset budaya nasional melalui sanggar budaya.
7. memupuk kerja sama antar personil sekolah dengan kinerja yang dilandasi disiplin tinggi dan bertanggung jawab sehingga berdaya guna, berdaya saing,memiliki rasa soldaritas dan semangat kekeluargaan.
8. menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh stakeholders sekolah dalam satu Tim Work yang solid dan berkomitmen tinggi.


1.2. Tujuan Praktek Kerja Industri

Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah diuraikan sebagai berikut:
1. Memperkenalkan kepada siswa Dunia Usaha dan Dunia Industri
2. Memberikan kebebasan kepada para siswa untuk mempraktekkan keahlian yang telah diterimanya dari sekolah di Dunia Usaha dan Dunia Undustri DU/DI.
3. Melatih kemandirian siswa untuk bisa belajar sendiri tanpa didampingi oleh guru
4. Menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang Produktif, Mandiri, Berdaya saing dan bertaqwa Terhadap Tuhan yang maha Esa


1.3. Waktu dan Tempat Praktek Kerja Industri
a. Waktu pelaksanaan : di mulai tanggal 1 Pebruari 2010 dan berakhir pada tanggal 31 maret
2010 selama 2 (dua) bulan efektif.
b. Jam Kerja/masuk :
No Hari Jam Masuk/Shift Pertama Jam istrahat/keluar Jam masuk/shift
Ke Dua Jam pulang
1. Senin Pukul 07.45 Wib Pukul 12:00 Wib Pukul 14:00 Wib Pukul 16:00 Wib
2. Selasa Pukul 07.45 Wib Pukul 12:00 Wib Pukul 14:00 Wib Pukul 16:00 Wib
3. Rabu Pukul 07.45 Wib Pukul 12:00 Wib Pukul 14:00 Wib Pukul 16:00 Wib
4. Kamis Pukul 07.45 Wib Pukul 12:00 Wib Pukul 14:00 Wib Pukul 16:00 Wib
5. Jum’at Pukul 07.45 Wib Pukul 12:00 Wib Pukul 14:00 Wib Pukul 16:00 Wib

c. Tempat : Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA)
Kabupaten Nias Selatan









BAB II
KEBERADAAN KANTOR

II.1. Letak Geografis Kantor

Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Nias Selatan
Adapun letak Geografis Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

1. Sebelah timur berbatasan langsung dengan jalan Saonigeho

2. Sebelah selatan berbatasan dengan kantor Kimpraswil dan Dinas Kesehatan

3. Sebelah barat berbatasan langsung dengan kebun penduduk setempat

4. sebelah utara berbatasan dengan kantor DPR





Kantor PDAM




Rumah Penduduk

Kantor DPRD





Gambar :Kantor Bappeda


Kantor Dinas Kesehatan
Kantor Kimpraswil







Demikianlah letak Geografis kantor Badan perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Kabupten Nias Selatan.




































II.3. Fungsi-Fungsi Struktur Organisasi Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DISPARBUD)


I. Kepala Dinas

Tugas pokok :

Membantu Bupati dalam melaksanakan tugas otonomi dibidang Pariwisata, Kebudayaan dan Promosi/Pemasaran.

Fungsi :

1. Konseptor kebijakan teknis yang berkaitan dengan bidang Pariwisata, Kebudayaan dan Promosi/Pemasaran.

2. Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian Pembangunan dibidang Pariwisata, Kebudayaan dan Promosi/Pemasaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Melaksanakan kegiatan Operasional, Premberian bimbingan, Pembinaan dan Pemberian rekomendasi Perizinan sesuai kebijaksanaan yang ditetapkan Bupati berdasarkan Perundangan –undangan yang berlaku.

4. Penyelenggaraan koordinasi dan kerjasama kemitraan dengan pihak–pihak yang terkait dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Pariwisata, Kebudayaan dan Promosi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Bupati dan Sekretaris daerah,sesuai dengan bidang tugasnya.

6. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan atas pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah,sesuai dengan ketentuan yang berlaku.



II. Kepala Bagian Tata Usaha.

Tugas pokok :

Membantu Kepala Dinas dibidang umum, Keuangan, Organisasi, Hukum dan Kepegawaian.

Fungsi :

1. Menyelenggarakan urusan umum, Keuangan, Pembudayaan Pegawai, Organisasi, Penyiapan Produk – Produk hukum.

2. Perencanaan kebutuhan internal dan administrasi.

3. Perencanaan pengelolaan dan peningkatan pendayagunaan SDM sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

4. Perencanaan pembangunan organisasi, sistem kerja dan pengelolaan produk hukum, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. Melaksanakan penegakan disiplin dan pembinaan kesejahteraan pegawai.

6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan KTU sesuai bidang fungsinya.

7. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada KTU sesuai dengan ketentuan yang diterapkan.



III. Kepala Bidang Program dan Pengembangan Produk Wisata.

Tugas Pokok :

Membantu Kepala Dinas Pariwisata di bidang Program, Pengawasan, Pelaporan, Sarana Objek, Atraksi, Jasa Pariwisata dan aneka fasilitas Penunjang wisata.

Fungsi :

1. Menyusun dan menyempurnakan standar pelaksanaan Kewenangan dan tugas – tugas dinas serta rencana jangka menengah dan tahunan di bidang Pariwisata.

2. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/ data untuk objek, sarana, atraksi jasa Pariwisata dan aneka fasilitas penunjang pariwisata.

3. Menyelenggarakan Pembinaan, Pemberdayaan, pengendalian pengelolaan koordinasi, kerjasama dan pengembangan objek dan atraksi wisata.

4. Menerbitkan izin objek, sarana, atraksi wisata, jasa dan aneka fasilitas pengunjung wisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data/bahan penyusunan menyempurnakan, perencana, pengawasan dan pelaporan.

6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas seasuai dengan bidang tugasnya.




A. Seksi Pendataan, Pengawasan dan Pelaporan.

Tugas pokok :

Menyelenggarakan tugas-tugas yang berkitan dengan pendekatan,pengawasan dan pelaporan .

Fungsi :

1. Mengumpulkan, mengolah dan mengajukan bahan/data untuk menyusun dan menyempurnakan rencana kerja dinas yang bersifat tahunan dan jangka panjang, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan.
2. Mengumpulkan dan mengolah bahan/data dari semua kepala seksi untuk menyusun laporan dinas, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan.

3. Melaksanakan pengawasan horizontal kinerja semua kepala bidang sesuai dengan lingkup tugasnya.

4. melaksanakan tugas lain yang diberikan kepala bidang sesuai dengan lingkup tugasnya.


B. Seksi ODTW dan Usaha Jasa/Sarana.

Tugas pokok :

Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan objek sarana.atraksi, jasa Pariwisata dan aneka fasilitas penunjang wisata.

Fungsi :

1. Melaksanakan, mengkoordinir dan mengendalikan pembangunan jangka menengah dan tahunan dinas yang berkaitan dengan pengembangan objek, sarana, atraksi wisata, jasa pariwisata dan aneka fasilitas penunjang wisata.

2. Menerbitkan izin usaha Jasa Pariwisata dan aneka fasilitas penunjang wisata.

3. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya.

4. Melaporkan dan memepertanggungjawabkanpelaksanaan tugasnya kepada Bidangnya.

IV. Kepala Bidang Pemasaran.

Tugas Pokok :

Membantu Kepala Dinas dalam bidang pembinaan dan pengembangan Promosi Pariwisata dan Kebudayaan.

Fungsi :

1. Menyusun dan memyempurnakan ketentuan–ketentuan kewenangan daerah untuk pelaksanaan tugas–tugas pelaksanaan tugas – tugas Dinas, rencana jangka menengah dan Tahunan di bidang Promosi.

2. Melaksanakan koordinasi dan pengendalian pembangunan jangka distribusi, sanggar dan wisata, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Melaksanakan pengkajian Pasar Wisata, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4. Melaksanakan pembinaan dan pendalian penyelenggaraan promosi wisata dan kebudayaan, sesuai ketentuan yang berlaku.

5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas, sesuai dengan tugasnya

A. Seksi Promosi Penyuluhan.

Tugas Pokok :

Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan informasi, distribusi sanggar dan budaya.

Fungsi :

1. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang pengembangan dan pengolahan jaringan informasi dan distribusi budaya dan wisata budaya, sesuai dengan yang berlaku.

2. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang sanggar wisata budaya, sesuai ketentuan yang berlaku.

3. Melaksanakan koordinasi dan kerja sama serta evaluasi cakupan informasi dan distribusi budaya dan wisata sesuai ketentuan yang berlaku.

4. Melaksanakan koordinasi dan kerja sama dan evaluasi atau kegiatan sadar wisata, sadar budaya.

5. Mengkaji pasar wisata.

6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan kepada bidang, sesuai dengan tugas lingkupnya.

B. Seksi Tenaga dan Prasarana.

Tugas Pokok :

Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pengadaan Tenaga, Prasarana dan bahan promosi budaya dan wisata.

Fungsi :

1. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan untuk penyusunan jangka menengah dan tahunan dibidang pengembangan budaya dan wisata melalui pengolahan bahan–bahan/prasarana promosi., sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Melaksanakan koordinasi, kerjasama dan evaluasi dalam penyelenggaraan/pengadaan bahan–bahan tenaga dan prasarana wisata dan budaya, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Melaksanakan tugas lain yang diberikan kepada bidang Program sesuai bidang tugasnya.

4. Melaporkan dan mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugas kepala bidang pariwisata.


V. Kepala Bidang Kebudayaan.

Tugas Pokok :

Membantu Kepala Dinas untuk merncanakan, Mengkoordinasikan, Membina, Mengembangkan dan melestarikan dan kebudayaan seni dan benda–benda Purbakala.

Fungsi :

1. Menyusun, menyempurnakan standar kewenangan daerah kabupaten atas pelaksanaan tugas–tugas dinas serta rencana jangka menengah dan tahunan dibidang kebudayaan.

2. Melaksanakan koordinasi dan pengendalian pembangunan jangka menengah dan tahunan dinas dibidang kebudayaan

3. pelaksanaan pembinaan pengendalian dokumentasi, registrasi publikasi, perlengkapan, pemeliharaandan pemanfaatan kebudayaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4. Menyiapkan bahan pembinaan penyelenggaraan seni, budaya dan pelestarian benda – benda purbakala.

5. melaksanakan tugas lain yang diberikan tugas lain sesuai tugas dan fungsinya.

6. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Kepala dinas.

A. Kepala Seksi Tradisi dan Kesenian.

Tugas pokok :
Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pengembangan dan pembinaaan adat, budaya kesenian tradisional, kreasi dan bahasa daerah.

Fungsi :

1. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang pembinanan adat, nilai budaya, pelestarian seni budaya, dokumentasi dan publikasi, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Menyelenggarakan sosialisasi, evaluasi dan pembinaan adat, nilai budaya, pelestarian seni budaya, kreasi dan budaya daerah dan serta bahasa daerah.

3. Menyelenggarakan koordiansi, dan laporan pembinaan adat, nilai budaya dan pelestarian seni budaya.

4. Melaksanakan pemberian izin dan pengawasan usaha Festifal kesenian dan budaya.

5. Menyelenggarakan kualifikasi usaha jasa dibidang budaya.

6. Memfasilitasi pelaksanaan pembangunan tradisi dan kepercayaan,lingkungan budaya dan kesenian daerah dan seni kreasi.

7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang.
B. Kepala Seksi Sejarah, Purbakala dan Museum.

Tugas Pokok :

Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pembangunan sejarah budaya daerah, benda–benda purbakala dan permuseuman.

Fungsi :

2. Mengumpulkan, mengelola dan menyajikan bahan/data untuk penyusunsn rencana jangka panjang menengah dan tahunan dari bidang permuseuman sejarah kepurbakalaan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Menyelenggarakan sosialiasasi, Evaluasi, Penggalian Pendokumentasian, Permuseuman, Penulisan, publikasi, pembinaan, dan pengendalianatas penerapan ketentuan yang berlaku.

4. Menyyelenggarakan pengembangan sejarah budaya, benda–benda Purbakala dan Permuseuman

5. Melayani pemberian izin dan pengawasan sejarah, benda – benda purbakala dan permuseuman.

6. Menyelenggarakan kerjasama di bidang sejarah, benda – benda dan permuseuman.

7. melakukan penelitian, investarisasi dan pemeliharaan sejarah budaya daerah, benda – benda purbakala dan permuseuman.

8. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bagian.













BAB III
RUANG LINGKUP PRAKERIN

Ruang Lingkup

Dalam Pelaksanaan Kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini saya di tempatkan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah + 2 bulan, saya yakin banyak kelemahan dan kekurangan di dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri ini, namun dengan adanya kerja sama yang baik antara guru dan pembimbing di sekolah maupun di instansi yang memberikan binaan kepada saya, maka laporan ini dapat terselesai dengan baik.

Hal – hal yang merupakan tugas atau kegiatan saya selama melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) antara lain :

- Menerima atau melayani tamu.

- Menyusun documen-documen penting

- Megetik surat undangan yang dilaksanakan oleh BAPPEDA

- Membantu para pegawai dalam bentuk administrasi.

- Mengetik surat-surat Aset tetap BAPPEDA

- Mengikuti apel pagi dan apel sore setiap hari serta mengikuti acara rapat.

- Membersihkan (hygiene) kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) setiap hari.

- Mengagendakan surat masuk/keluar BAPPEDA

- Menerima Bimbingan Dan Arahan dari pembimbing dan staff beserta pegawai yang ada di Kantor.

- Mengfotocopy surat-surat

- Mengetik daftar hadir PNS BAPPEDA

Kegiatan tersebut telah saya laksanakan dan saya kerjakan setiap hari Senin s/d Jumat dengan sungguh, jujur, disiplin dan penuh kesabaran dalam melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nias Selatan.


BAB IV
PENUTUP

IV.1. Kesimpulan.

Dengan pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini saya laksanakan selama ± 2 bulan di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Nias Selatan maka dapat bertambah dan memperluas serta mengetahui bagaimana yang namanya kegiatan dalam perkantoran atau instansi yang saya tempati sehingga saya dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan Praktik Kerja Industri ini memperdayakan manusia yang berkualitas dan berguna, baik di tengah – tengah masyarakat maupun di pemerintah


IV.2. Masalah Yang Dihadapi.

Selama berlangsungnya Praktek Kerja Industri dikantor Badan Perncanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nias Selatan secara kelompok maupun pribadi, saya merasa tidak mempunyai masalah – masalah selama melangsungkan Praktik Kerja Industri ini. Dimana ilmu yang saya peroleh dari sekolah sesuai dengan kegiatan yang saya laksanakan atau yang saya praktekkan ditempat PRAKERIN saya, dan saya sangat bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa sehingga Praktik Kerja Industri ini dapat terlaksana dengan baik dan aktivitas kerja kantorpun dapat berlangsung dengan baik.

IV.3. Saran.

Dari saya yang melaksanakan Praktek Kerja Industri ini kiranya di masa yang akan datang pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dapat di tingkatkan dari yang sebelumnya. Harapan saya kiranya SMK N 1 Telukdalam dan Kantor Badan Perencanaan Pebangunan Daerah Kabupaten Nias Selatan tetap menjalin kerja sama yang lebih erat lagi baik dari pihak sekolah maupun dari pihak Perkantoran untuk menunjang pelaksanaan Praktek Kerja industri ( PRAKERIN ).







BAB IV
PENUTUP

IV. 1. Kesimpulan
Dengan pelaksanaan Praktek Kerja Industri yang saya laksanakan selama kurang lebih dua bulan dikantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Nias selatan, maka dapat bertambah dan memperluas serta mengetahui bagaimana yang namanya kegiatan dalam perkantoran atau instansi yang saya tempati sehingga saya dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini memperdayakan manusia yang berkwalitaas dan berguna, baik ditengah-tengah masyarakat atau pemerintah.

IV. 2. Masalah yang dihadapi
Selama berlangsungnya Praktek Kerja Industri dikantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Nias Selatan secara kelompok maupun pribadi, saya merasa tidak mempunyai masalah-masalah selama melangsungkan Praktek Kerja Industri ini. Dimana ilmu yang saya peroleh dari sekolah sesuai dengan kegiatan yang saya laksanakan atau yang saya praktekan ditempat PRAKERIN saya, dan saya sangat bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa sehingga Praktek Kerja Industi ini dapat terlaksana dengan baik dan aktivitas kerja kantorpun dapat berlangsung dengan baik.

IV. 3. Saran
Dari saya yang melaksanakan Praktek Kerja Industri ini kiranya dimasa yang akan datang pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dapat ditingkatkan dari sebelumnya. Harapan saya kiranya SMK N. 1 telukdalam dan kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Nias Selatan tetap menjalin kerja sama yang lebih erat lagi baik dari pihak sekolah maupun dari pihak perkantoran untuk menunjang pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).





























Bab I
1.1 latar belakang
salah satu dasar dan penentu arah pembangunan system pendidikan menengah kejuruan dewasa ini adalah link skill and match yang ditetapkan melalui praktek kerja industri, kebijakan, yang merupakan reformasi. System pendidikan telah mengubah pengembangan “supply driven menjadi demand”.

Visi dan misi sekolah
Berdasarkan amanat kurikulum reurai diatas, maka smk negeri 1 telukdalam telah merumuskan visi dan misi sekolah serta strategi mewujudkan melalui program, yang salh stu komponennya adalh menyelenggarakan prakerin.
Visi :

contoh laporan Prakerin siswa TKJ SMK Negeri 1 Telukdalam

LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDSUTRI (PRAKERIN)
KOMPETENSI KEAHLIAN
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ)
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KAB. NIAS SELATAN

































SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TELUKDALAM

NIS : 400001 Akreditasi : Peringak “A” (Sangat Baik) NSS : 401070201001
Alamat : Jln. Pendidikan No. 12 Kelurahan Pasar Telukdalam-Nias Selatan Sumatera Utara
Website : www.smkn1td.com E-mail : smk-negeri-1@yahoo.co.id NPSN : 10258245
HP. 081263169733 Telp. (0630)321130




LEMBARAN PENGESAHAN



LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN NIAS SELATAN

TANGGAL 1 Februari s/d 31 Maret 2010

Telah disahkan pada Tanggal : April 2010


DISETUJUI OLEH :

PEMBIMBING I (DU/DI) GURU PEMBIBING II



FANOLO ZENDRATO, A,Md AMPUNI DUHA, S.Pd
NIP.131860017


DISAHKAN OLEH :



Plt.KEPALA BAPPEDA KEPALA SMK NEGERI
Kab. NIAS SELATAN TELUKDALAM



Drs. ASA’ARO LAIA M.Pd Drs. NOFANOLO SARUMAHA
NIP.195811211984031003 NIP. 132222052








Kata pengantar

Dengan mengucap Puji dan Syukur Kepada Yesus Kristus, yang telah memberi Rahmat dan Karunianya sehingga saya dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
Penyusunan laporan prakerin ini, merupakan suatu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN) tahun Diklat 2010/2011. Dan laporan ini sebagai bukti bahwa saya (penulis) telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Nias Selatan selama 2 (dua) Bulan penuh mulai dari tanggal 1 februaru s/d 31 Maret 2010.
Dalam hal ini, saya sebagai penulis sangat menyadari bahwa dalam menyusun Laporan Praktek Kerja Industri ini, tidak dapat terselesaikan tanpa adanya bantuan dari Pihak Pembimbing Materi maupun teknis, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1. Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Telukdalam, selaku Penanggungjawab;
2. Bapak Ampuni Duha, SE, selaku Pembimbing dari sekolah
3. Bapak Fanolo Zendrato, A,MPd, selaku Pembimbing dari Instansi atau Industri;
4. Dan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan Laporan ini sehingga selesai dengan baik.
Saya sebagai penulis Laporan, berharap supaya Buku Laporan Praktek Kerja Indusri (PRAKERIN) Yang saya Tulis ini, dapat menjadi karya tulis yang bermanfaat kepada semua Pihak yang ingin memanfaatkan Buku Laporan yang saya Tulis ini. Terimakasih..

Telukdalam, 31 Maret 2010

Penulis

Eksaudin Zebua












DAFTAR ISI
A. LEMBARAN PENGESAHAN…………………………………………………………………….i
B. KATA PENGANTAR………………………………………………………………ii
C. DAFTAR ISI…………………………………………………………………..……iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 .Latarbelakang
1.2 .Tujuan Prakerin
1.3 . Waktu dan Tempat Prakerin
BAB II KEBERADAAN KANTOR
II.1.LetakGeografis Kantor
II.2.Struktur Organisasi Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
II.3. Fungsi Struktur Organisasi Kantor BAPPEDA
I. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
II. Sekretaris
III. Kepala Sub Bagian Umum
IV. Kepala Sub Bagian Kepegawaian
V. Kepala Bidang Penelitian dan Pegembangan
VI. Kepala Subbid Pemerintahan Kemasyarakatan dan Pembangunan
VII. Kepala Subbid Sumber Daya Alam dan Maritim
VIII. Kepala Bidang Sosial dan Budaya
IX. Kepala Subbid Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat
X. Kepala Subbid Mental Spiritual dan Budaya
XI. Kepala Bidang Sumber Daya dan Prasarana
XII. Kepala Subbid Pengairan dan Tata Ruang
XIII. Kepala Subbid Perhubungan
XIV. Kepala Bidang Perekonomian
XV. Kepala Subbid Pertanian dan Perikanan
XVI. Kepala Subbid Perindustrian Perdagangan dan Pendapatan

RUANG LINGKUP KEGIATAN PRAKERIN
Ruang Lingkup
BAB IV PENUTUP
IV.1. Kesimpulan
IV.2. Masalah yang di hadapi
IV.3. Saran


BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional, Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2004 yang dikenal dengan Kurikulum Berbasisi Kompetensi (KBK) dan telah disempurnakan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam kurikulum SMK tersebut, dinyatakan sebagai berikut : “penyelenggaraan Pendidikan dilaksanakan melalui dua Jalur yaitu pendidikan di sekolah dan pendidikan diluar sekolah.
Berdasarkan pertimbangan bahwa lulusan SMK harus memiliki kemampuan pegetahuan dasar kejuruan utamanya harus memiliki kompetensi untuk melaksanakan pekerjaan tertentu, dapat mengembangkam dirinya baik secara Vertikal maupun Horizontal, dan memiliki kecakapan untuk menjalani kehidupannya secara baik, maka substansi atau isi kurikulum SMK dipilih dan dikemas dengan pendekatan berbasisi Kompetensi (competency-based curriculum), pendekatan berbaisi luas dan mendasar (broad-based curriculum), dan pendekatan pengembangan kecakapan hidup life skills)
Dengan demikian, seorang siswa dikatakan mampu mengembangkan kecakapan/keterampilan hidupnya jika menguasai dengan sungguh-sungguh seluk-beluk keahliannya secara tuntas, mulai dari penguasaan aspek technical skill dan soft skill yang terkait, hingga aspek personal skill dan social skill yang diperlukan untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu perlu modus pembelajaran dalam bentuk unjuk kerja alami (natual) melalui pembelajaran prkatek kerja industry (Prakerin) yang juga dikenal dengan Pembelajaran Sistem Ganda (PSG), yang pada akhirnya pada diri siswa SMK tumbuh keyakinan bahwa keahlian yang dimilikinya cukup bermakna (Meaningfull) untuk dijadikan sebagai pilihan jalan hidup.

VISI DAN MISI SEKOLAH

Berdasarkan amanat kurikulum terurai diatas, maka SMK Negeri 1 Telukdalam telah merumuskan Visi dan Misi sekolah serta strategi mewujudkan melalui program, yang salah satu komponennya adalah penyelenggaraan PRAKERIN.

VISI : Menjadikan SMK Negeri 1 Telukdalam sebagai lembaga Pendidikan dan latihan yang menghasilkan lulusan yang cerdas,unggul,terampil,dan mampu hidup mandiri serta siap bersaing dalam dunia usaha/industri yang dilandasi iman yang kuat dan berbudi pekerti yang luhur menuju sekolah Berstandar Nasional tahun 2012.

MISI : 1. Menumbuhkembangkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut sebagai orang beriman
2. Melaksanakan Pendidikan dan pelatihan secara intensif untuk menguasai ilmu dan teknologi dengan kegiatan praktek kerja yang mantap dan optimal.
3. Menanamkan dan menumbuhkan semangat budaya kerja untuk meningkatkan penguasaan berbagai keterampilan dengan disiplin tinggi.
4. Memberikan peluang besar kepada siswa untuk aktif dan kreatif menyalurkan minat dan bakat sebagai wahana pengembangan potensi yang dimiliki.
5. Menanamkan secara intensif rasa unggul dan bermutu kepada seluruh warga sekolah yang di landasi etika dan sportivitas menuju terwujudnya sekolah Berstandar Nasional dan atau sekolah Berstandar Internasional.
6. Memupuk rasa cinta akan keberadaan seni dan budaya tradisional daerah sebagai asset budaya nasional melalui sanggar budaya.
7. memupuk kerja sama antar personil sekolah dengan kinerja yang dilandasi disiplin tinggi dan bertanggung jawab sehingga berdaya guna, berdaya saing,memiliki rasa soldaritas dan semangat kekeluargaan.
8. menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh stakeholders sekolah dalam satu Tim Work yang solid dan berkomitmen tinggi.


1.2. Tujuan Praktek Kerja Industri

Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah diuraikan sebagai berikut:
1. Memperkenalkan kepada siswa Dunia Usaha dan Dunia Industri
2. Memberikan kebebasan kepada para siswa untuk mempraktekkan keahlian yang telah diterimanya dari sekolah di Dunia Usaha dan Dunia Undustri DU/DI.
3. Melatih kemandirian siswa untuk bisa belajar sendiri tanpa didampingi oleh guru
4. Menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang Produktif, Mandiri, Berdaya saing dan bertaqwa Terhadap Tuhan yang maha Esa


1.3. Waktu dan Tempat Praktek Kerja Industri
a. Waktu pelaksanaan : di mulai tanggal 1 Pebruari 2010 dan berakhir pada tanggal 31 maret
2010 selama 2 (dua) bulan efektif.
b. Jam Kerja/masuk :
No Hari Jam Masuk/Shift Pertama Jam istrahat/keluar Jam masuk/shift
Ke Dua Jam pulang
1. Senin Pukul 07.45 Wib Pukul 12:00 Wib Pukul 14:00 Wib Pukul 16:00 Wib
2. Selasa Pukul 07.45 Wib Pukul 12:00 Wib Pukul 14:00 Wib Pukul 16:00 Wib
3. Rabu Pukul 07.45 Wib Pukul 12:00 Wib Pukul 14:00 Wib Pukul 16:00 Wib
4. Kamis Pukul 07.45 Wib Pukul 12:00 Wib Pukul 14:00 Wib Pukul 16:00 Wib
5. Jum’at Pukul 07.45 Wib Pukul 12:00 Wib Pukul 14:00 Wib Pukul 16:00 Wib

c. Tempat : Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA)
Kabupaten Nias Selatan









BAB II
KEBERADAAN KANTOR

II.1. Letak Geografis Kantor

Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Nias Selatan
Adapun letak Geografis Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

1. Sebelah timur berbatasan langsung dengan jalan Saonigeho

2. Sebelah selatan berbatasan dengan kantor Kimpraswil dan Dinas Kesehatan

3. Sebelah barat berbatasan langsung dengan kebun penduduk setempat

4. sebelah utara berbatasan dengan kantor DPR





Kantor PDAM




Rumah Penduduk

Kantor DPRD





Gambar :Kantor Bappeda


Kantor Dinas Kesehatan
Kantor Kimpraswil







Demikianlah letak Geografis kantor Badan perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Kabupten Nias Selatan.




































II.3. Fungsi-Fungsi Struktur Organisasi Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DISPARBUD)


I. Kepala Dinas

Tugas pokok :

Membantu Bupati dalam melaksanakan tugas otonomi dibidang Pariwisata, Kebudayaan dan Promosi/Pemasaran.

Fungsi :

1. Konseptor kebijakan teknis yang berkaitan dengan bidang Pariwisata, Kebudayaan dan Promosi/Pemasaran.

2. Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian Pembangunan dibidang Pariwisata, Kebudayaan dan Promosi/Pemasaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Melaksanakan kegiatan Operasional, Premberian bimbingan, Pembinaan dan Pemberian rekomendasi Perizinan sesuai kebijaksanaan yang ditetapkan Bupati berdasarkan Perundangan –undangan yang berlaku.

4. Penyelenggaraan koordinasi dan kerjasama kemitraan dengan pihak–pihak yang terkait dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Pariwisata, Kebudayaan dan Promosi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Bupati dan Sekretaris daerah,sesuai dengan bidang tugasnya.

6. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan atas pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah,sesuai dengan ketentuan yang berlaku.



II. Kepala Bagian Tata Usaha.

Tugas pokok :

Membantu Kepala Dinas dibidang umum, Keuangan, Organisasi, Hukum dan Kepegawaian.

Fungsi :

1. Menyelenggarakan urusan umum, Keuangan, Pembudayaan Pegawai, Organisasi, Penyiapan Produk – Produk hukum.

2. Perencanaan kebutuhan internal dan administrasi.

3. Perencanaan pengelolaan dan peningkatan pendayagunaan SDM sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

4. Perencanaan pembangunan organisasi, sistem kerja dan pengelolaan produk hukum, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. Melaksanakan penegakan disiplin dan pembinaan kesejahteraan pegawai.

6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan KTU sesuai bidang fungsinya.

7. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada KTU sesuai dengan ketentuan yang diterapkan.



III. Kepala Bidang Program dan Pengembangan Produk Wisata.

Tugas Pokok :

Membantu Kepala Dinas Pariwisata di bidang Program, Pengawasan, Pelaporan, Sarana Objek, Atraksi, Jasa Pariwisata dan aneka fasilitas Penunjang wisata.

Fungsi :

1. Menyusun dan menyempurnakan standar pelaksanaan Kewenangan dan tugas – tugas dinas serta rencana jangka menengah dan tahunan di bidang Pariwisata.

2. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/ data untuk objek, sarana, atraksi jasa Pariwisata dan aneka fasilitas penunjang pariwisata.

3. Menyelenggarakan Pembinaan, Pemberdayaan, pengendalian pengelolaan koordinasi, kerjasama dan pengembangan objek dan atraksi wisata.

4. Menerbitkan izin objek, sarana, atraksi wisata, jasa dan aneka fasilitas pengunjung wisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data/bahan penyusunan menyempurnakan, perencana, pengawasan dan pelaporan.

6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas seasuai dengan bidang tugasnya.




A. Seksi Pendataan, Pengawasan dan Pelaporan.

Tugas pokok :

Menyelenggarakan tugas-tugas yang berkitan dengan pendekatan,pengawasan dan pelaporan .

Fungsi :

1. Mengumpulkan, mengolah dan mengajukan bahan/data untuk menyusun dan menyempurnakan rencana kerja dinas yang bersifat tahunan dan jangka panjang, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan.
2. Mengumpulkan dan mengolah bahan/data dari semua kepala seksi untuk menyusun laporan dinas, sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan.

3. Melaksanakan pengawasan horizontal kinerja semua kepala bidang sesuai dengan lingkup tugasnya.

4. melaksanakan tugas lain yang diberikan kepala bidang sesuai dengan lingkup tugasnya.


B. Seksi ODTW dan Usaha Jasa/Sarana.

Tugas pokok :

Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan objek sarana.atraksi, jasa Pariwisata dan aneka fasilitas penunjang wisata.

Fungsi :

1. Melaksanakan, mengkoordinir dan mengendalikan pembangunan jangka menengah dan tahunan dinas yang berkaitan dengan pengembangan objek, sarana, atraksi wisata, jasa pariwisata dan aneka fasilitas penunjang wisata.

2. Menerbitkan izin usaha Jasa Pariwisata dan aneka fasilitas penunjang wisata.

3. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya.

4. Melaporkan dan memepertanggungjawabkanpelaksanaan tugasnya kepada Bidangnya.

IV. Kepala Bidang Pemasaran.

Tugas Pokok :

Membantu Kepala Dinas dalam bidang pembinaan dan pengembangan Promosi Pariwisata dan Kebudayaan.

Fungsi :

1. Menyusun dan memyempurnakan ketentuan–ketentuan kewenangan daerah untuk pelaksanaan tugas–tugas pelaksanaan tugas – tugas Dinas, rencana jangka menengah dan Tahunan di bidang Promosi.

2. Melaksanakan koordinasi dan pengendalian pembangunan jangka distribusi, sanggar dan wisata, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Melaksanakan pengkajian Pasar Wisata, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4. Melaksanakan pembinaan dan pendalian penyelenggaraan promosi wisata dan kebudayaan, sesuai ketentuan yang berlaku.

5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas, sesuai dengan tugasnya

A. Seksi Promosi Penyuluhan.

Tugas Pokok :

Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan informasi, distribusi sanggar dan budaya.

Fungsi :

1. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang pengembangan dan pengolahan jaringan informasi dan distribusi budaya dan wisata budaya, sesuai dengan yang berlaku.

2. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang sanggar wisata budaya, sesuai ketentuan yang berlaku.

3. Melaksanakan koordinasi dan kerja sama serta evaluasi cakupan informasi dan distribusi budaya dan wisata sesuai ketentuan yang berlaku.

4. Melaksanakan koordinasi dan kerja sama dan evaluasi atau kegiatan sadar wisata, sadar budaya.

5. Mengkaji pasar wisata.

6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan kepada bidang, sesuai dengan tugas lingkupnya.

B. Seksi Tenaga dan Prasarana.

Tugas Pokok :

Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pengadaan Tenaga, Prasarana dan bahan promosi budaya dan wisata.

Fungsi :

1. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan untuk penyusunan jangka menengah dan tahunan dibidang pengembangan budaya dan wisata melalui pengolahan bahan–bahan/prasarana promosi., sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Melaksanakan koordinasi, kerjasama dan evaluasi dalam penyelenggaraan/pengadaan bahan–bahan tenaga dan prasarana wisata dan budaya, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Melaksanakan tugas lain yang diberikan kepada bidang Program sesuai bidang tugasnya.

4. Melaporkan dan mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugas kepala bidang pariwisata.


V. Kepala Bidang Kebudayaan.

Tugas Pokok :

Membantu Kepala Dinas untuk merncanakan, Mengkoordinasikan, Membina, Mengembangkan dan melestarikan dan kebudayaan seni dan benda–benda Purbakala.

Fungsi :

1. Menyusun, menyempurnakan standar kewenangan daerah kabupaten atas pelaksanaan tugas–tugas dinas serta rencana jangka menengah dan tahunan dibidang kebudayaan.

2. Melaksanakan koordinasi dan pengendalian pembangunan jangka menengah dan tahunan dinas dibidang kebudayaan

3. pelaksanaan pembinaan pengendalian dokumentasi, registrasi publikasi, perlengkapan, pemeliharaandan pemanfaatan kebudayaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4. Menyiapkan bahan pembinaan penyelenggaraan seni, budaya dan pelestarian benda – benda purbakala.

5. melaksanakan tugas lain yang diberikan tugas lain sesuai tugas dan fungsinya.

6. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Kepala dinas.

A. Kepala Seksi Tradisi dan Kesenian.

Tugas pokok :
Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pengembangan dan pembinaaan adat, budaya kesenian tradisional, kreasi dan bahasa daerah.

Fungsi :

1. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan bahan/data untuk penyusunan rencana jangka menengah dan tahunan dibidang pembinanan adat, nilai budaya, pelestarian seni budaya, dokumentasi dan publikasi, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Menyelenggarakan sosialisasi, evaluasi dan pembinaan adat, nilai budaya, pelestarian seni budaya, kreasi dan budaya daerah dan serta bahasa daerah.

3. Menyelenggarakan koordiansi, dan laporan pembinaan adat, nilai budaya dan pelestarian seni budaya.

4. Melaksanakan pemberian izin dan pengawasan usaha Festifal kesenian dan budaya.

5. Menyelenggarakan kualifikasi usaha jasa dibidang budaya.

6. Memfasilitasi pelaksanaan pembangunan tradisi dan kepercayaan,lingkungan budaya dan kesenian daerah dan seni kreasi.

7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang.
B. Kepala Seksi Sejarah, Purbakala dan Museum.

Tugas Pokok :

Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pembangunan sejarah budaya daerah, benda–benda purbakala dan permuseuman.

Fungsi :

2. Mengumpulkan, mengelola dan menyajikan bahan/data untuk penyusunsn rencana jangka panjang menengah dan tahunan dari bidang permuseuman sejarah kepurbakalaan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Menyelenggarakan sosialiasasi, Evaluasi, Penggalian Pendokumentasian, Permuseuman, Penulisan, publikasi, pembinaan, dan pengendalianatas penerapan ketentuan yang berlaku.

4. Menyyelenggarakan pengembangan sejarah budaya, benda–benda Purbakala dan Permuseuman

5. Melayani pemberian izin dan pengawasan sejarah, benda – benda purbakala dan permuseuman.

6. Menyelenggarakan kerjasama di bidang sejarah, benda – benda dan permuseuman.

7. melakukan penelitian, investarisasi dan pemeliharaan sejarah budaya daerah, benda – benda purbakala dan permuseuman.

8. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bagian.













BAB III
RUANG LINGKUP PRAKERIN

Ruang Lingkup

Dalam Pelaksanaan Kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini saya di tempatkan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah + 2 bulan, saya yakin banyak kelemahan dan kekurangan di dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri ini, namun dengan adanya kerja sama yang baik antara guru dan pembimbing di sekolah maupun di instansi yang memberikan binaan kepada saya, maka laporan ini dapat terselesai dengan baik.

Hal – hal yang merupakan tugas atau kegiatan saya selama melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) antara lain :

- Menerima atau melayani tamu.

- Menyusun documen-documen penting

- Megetik surat undangan yang dilaksanakan oleh BAPPEDA

- Membantu para pegawai dalam bentuk administrasi.

- Mengetik surat-surat Aset tetap BAPPEDA

- Mengikuti apel pagi dan apel sore setiap hari serta mengikuti acara rapat.

- Membersihkan (hygiene) kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) setiap hari.

- Mengagendakan surat masuk/keluar BAPPEDA

- Menerima Bimbingan Dan Arahan dari pembimbing dan staff beserta pegawai yang ada di Kantor.

- Mengfotocopy surat-surat

- Mengetik daftar hadir PNS BAPPEDA

Kegiatan tersebut telah saya laksanakan dan saya kerjakan setiap hari Senin s/d Jumat dengan sungguh, jujur, disiplin dan penuh kesabaran dalam melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nias Selatan.


BAB IV
PENUTUP

IV.1. Kesimpulan.

Dengan pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini saya laksanakan selama ± 2 bulan di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Nias Selatan maka dapat bertambah dan memperluas serta mengetahui bagaimana yang namanya kegiatan dalam perkantoran atau instansi yang saya tempati sehingga saya dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan Praktik Kerja Industri ini memperdayakan manusia yang berkualitas dan berguna, baik di tengah – tengah masyarakat maupun di pemerintah


IV.2. Masalah Yang Dihadapi.

Selama berlangsungnya Praktek Kerja Industri dikantor Badan Perncanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nias Selatan secara kelompok maupun pribadi, saya merasa tidak mempunyai masalah – masalah selama melangsungkan Praktik Kerja Industri ini. Dimana ilmu yang saya peroleh dari sekolah sesuai dengan kegiatan yang saya laksanakan atau yang saya praktekkan ditempat PRAKERIN saya, dan saya sangat bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa sehingga Praktik Kerja Industri ini dapat terlaksana dengan baik dan aktivitas kerja kantorpun dapat berlangsung dengan baik.

IV.3. Saran.

Dari saya yang melaksanakan Praktek Kerja Industri ini kiranya di masa yang akan datang pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dapat di tingkatkan dari yang sebelumnya. Harapan saya kiranya SMK N 1 Telukdalam dan Kantor Badan Perencanaan Pebangunan Daerah Kabupaten Nias Selatan tetap menjalin kerja sama yang lebih erat lagi baik dari pihak sekolah maupun dari pihak Perkantoran untuk menunjang pelaksanaan Praktek Kerja industri ( PRAKERIN ).







BAB IV
PENUTUP

IV. 1. Kesimpulan
Dengan pelaksanaan Praktek Kerja Industri yang saya laksanakan selama kurang lebih dua bulan dikantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Nias selatan, maka dapat bertambah dan memperluas serta mengetahui bagaimana yang namanya kegiatan dalam perkantoran atau instansi yang saya tempati sehingga saya dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini memperdayakan manusia yang berkwalitaas dan berguna, baik ditengah-tengah masyarakat atau pemerintah.

IV. 2. Masalah yang dihadapi
Selama berlangsungnya Praktek Kerja Industri dikantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Nias Selatan secara kelompok maupun pribadi, saya merasa tidak mempunyai masalah-masalah selama melangsungkan Praktek Kerja Industri ini. Dimana ilmu yang saya peroleh dari sekolah sesuai dengan kegiatan yang saya laksanakan atau yang saya praktekan ditempat PRAKERIN saya, dan saya sangat bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa sehingga Praktek Kerja Industi ini dapat terlaksana dengan baik dan aktivitas kerja kantorpun dapat berlangsung dengan baik.

IV. 3. Saran
Dari saya yang melaksanakan Praktek Kerja Industri ini kiranya dimasa yang akan datang pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dapat ditingkatkan dari sebelumnya. Harapan saya kiranya SMK N. 1 telukdalam dan kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Nias Selatan tetap menjalin kerja sama yang lebih erat lagi baik dari pihak sekolah maupun dari pihak perkantoran untuk menunjang pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).





























Bab I
1.1 latar belakang
salah satu dasar dan penentu arah pembangunan system pendidikan menengah kejuruan dewasa ini adalah link skill and match yang ditetapkan melalui praktek kerja industri, kebijakan, yang merupakan reformasi. System pendidikan telah mengubah pengembangan “supply driven menjadi demand”.

Visi dan misi sekolah
Berdasarkan amanat kurikulum reurai diatas, maka smk negeri 1 telukdalam telah merumuskan visi dan misi sekolah serta strategi mewujudkan melalui program, yang salh stu komponennya adalh menyelenggarakan prakerin.
Visi :